Mengatasi Driver CD-ROOM Bermasalah


Begini ceritanya, awalnya cd-rom komputer saya berjalan dengan normal, namun setelah saya install suatu aplikasi yang membuat komputer saya hank, lalu saya merestartnya, ketika itu saya tancapkan modem smartfren, namun anehnya modem tersebut tidak terdetek sama sekali oleh windows, awalnya saya kira modemnya yang bermasalah, saya cabut modemnya dan saya biarkan, saya berfikir mungkin modemnya kelelahan,,he setelah saya pakai semalaman, nah ketika itu saya melanjutkan untuk menonton sebuah film dari DVD di komputer, namun saya heran ternyata DVD-room saya tidak memberi reaksi apa-apa, saya sangat kaget waktu itu dan menyangka bahwa DVD room saya rusak, saya coba buka device manager dan mencoba untuk menginstall ulang drivernya, namun usaha saya tersebut tidak berhasil, dan saya mendapat sebuah pesan error, ini pesan error nya :
The device is not working properly because Windows cannot load the drivers required for this device (Code 31).
Saya coba masukan CD Installer saya saat booting, ternyata DVD room nya mau menjalankan CD tersebut, dari situ saya mulai tenang karena saya yakin permasalahannya bukan pada hardware melainkan hanya pada systemnya saja, awalnya saya mau install ulang PC saya namun rasanya melelahkan dan menghabiskan waktu yang tidak sedikit,dan akhirnya saya menemukan solusinya, silahkan simak dengan baik ya sobat :
  • Pertama anda masuk ke registry editor (regedit)
  • Kemudian anda menuju ke directory HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}  
  • Lalu anda lihat ke sebelah kanan ada 2 buah key yang bernama UpperFilters dan LowerFilters
  • Kemudian anda hapus kedua key tersebut, lalu kemudian anda restart komputer anda.
  • Semoga DVD-room nya berjalan normal lagi yaa.
Note : Saya sarankan kepada anda untuk membackup terlebih dahulu registry anda untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, caranya buka registry editor(regedit) kemudian anda klik File kemudian anda klik Export... kemudian anda beri nama backup atau terserah anda, tentukan dimana anda mau menyimpannya terserah (saran saya jangan di drive C) , kemudian anda klik save.

Saya menggunakan windows 7, untuk windows Xp silahkan anda coba saja semoga berhasil juga :)
Jika pada windows Xp berhasil kasih tahu saya yaa...Salam blogger Indonesia.


    Comments

    Posting Komentar