Cara Memberi Halaman Berbeda Pada Microsoft Word


Microsoft word sudah tidak asing lagi bagi kita semua, biasanya digunakan untuk pengetikan, seringkali kita kurang optimal dalam memaksimalkan kegunaannya. Misaslnya saja dalam hal penomoran halaman, seringkali kita memberi nomor secara manual, tentu saja ini sangat tidak praktis, karena pada ms word sudah disediakan fitur untuk penomoran secara otomatis, setelah mengetahui fungsi dari penomoran  otomatis yang praktis ini permasalahan baru muncul, yakni ketika tidak ingin memberi nomor pada halaman judul, dan ingin membedakan format nomor pada halaman tertentu. Jika anda ingin membuat skripsi contohnya, halaman judul tentu tidak akan diberi nomor, lalu pada halaman kata pengantar dan daftar isi ingin diberikan format penomoran dengan huruf romawi, sedangkan ketika memasuki bab, maka format penomoran ingin berupa angka. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas itu semua.

Saya anggap anda sudah punya dokumen word yang berisi judul, kata pengantar, daftar isi, dan isi yang ingin diberi format penomoran.
Langkkahnya :
  1. Klik pada halaman judul isi (biasanya Bab 1 pada skripsi), kemudian tekan backspace seperlunya sehingga tulisan judul tersebut masuk ke halaman sebelumnya. 
  2.  Kemudian anda klik Page Layout -->Break-->Next Page
  3. Maka Halaman judul BAB 1 tadi akan ke halaman selanjutnya, tinggal anda ke tengahkan kembali.
  4. Selanjutnya anda klik pada footer judul lalu beri penomoran degan cara insert page number pada halaman pertama dengan format romawi, untuk menghilangkan angka romawi pada judul anda tinggal centang pada different first page.
  5. Kemudian anda klik footer BAB 1 lalu anda lakukan hal sama dengan point 4, namun ganti format page numbernya dengan angka 1,2,3,4.....
  6. Demikianlah kira-kira cara jika anda ingin memberi penomoran dengan format yang berbeda pada satu dokumen word.
  7. Coba anda klik pada footer dokumen anda maka akan ada tulisan section 2 untuk halaman 1 (Bab 1), dan section 1 untuk halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi.
Untuk lebih  jelasnya silahkan ditanyakan melalui form komentar, jika anda bingung dengan tutor yang saya berikan. Terimakasih.

Comments

Posting Komentar