Cara Mengunci Drive Hardisk Windows Vista dan Windows 7 Dengan Bitlocker Drive Encryption


Bitlocker Drive Encryption adalah sebuah utility yang berada pada Windows, mulai diterapkan pada windows Vista, yang mengenkripsi isi dari hard disk. Tujuannya adalah untuk mengamankan data hardisk anda dari orang yang tidak anda kehendaki. Pada saat ingin mengakses data pada drive hardisk yang sudah di lock, drive harus dibuka dengan mengetikkan password atau memasukkan USB flash drive yang berisi password. Jika Trusted Platform Module (TPM) chip pada motherboard, BitLocker menggunakannya untuk menghasilkan kunci berdasarkan file sistem. Jika salah satu file telah berubah, BitLocker menyimpan data dienkripsi.

Secara default, BitLocker menggunakan teknik enkripsi algoritma AES (Advanced Encryption Standard) dalam mode CBC (Cipher Block Chaining) 128 Bit dan dikolaborasikan dengan teknik Elephant Diffuser untuk tambahan enkripsi yang tidak disediakan oleh AES. BitLocker hanya dapat dijumpai pada edisi Enterprise dan Windows Vista Ultimate dan Windows 7 Ultimate. 

Namun banyak orang tidak melirik fungsi yang telah diberikan oleh windows ini, bahkan masih banyak yang belum tahu keberadaannya. Maka dari itu saya akan memaparkan cara penggunaannya disini :







1. Klik kanan pada Drive hardisk anda yang ingin dikunci dengan Bitlocker ->Klik Turn On Bitlocker...

2. Centang pada use the password to unlock the drive, lalu anda isi pasword yang anda kehendaki di bawahnya -> Klik Next. Lihat gambar :
3. Klik Save the recovery key to a USB flash drive (Jika anda ingin menyimpan recovery key dalam flashdisk) -> Klik Save

4. Klik Next ->Klik Start Encrypting (Tunggu hingga selesai)
5. Restart PC anda dan buka windows explorer, perhatikan gambar hardisk anda yang sudah di lock(enkripsi) dengan bitlocker.
Selesai, kini ketika anda ingin mengakses hardisk anda yang sudah di enkripsi, anda harus memasukkan password yang anda buat sebelumnya.

Caranya klik kanan pada drive yang dikunci itu,-> klik unlock drive, lalu masukkan paswordnya. 

Note : Recovery key yang telah anda buat ke flashdisk jangan hilang karena demi menjaga apabila anda lupa password untuk membuka bitlockernya.


Comments

Software Full Crack mengatakan...

makasi untuk tipsnya ....

Rii Ramadhan mengatakan...

sama-sama sob

Posting Komentar