Macam-macam Jaringan Komputer Berdasarkan Jaraknya








Berdasarkan jarak dan area kera, jarngan komputer dapat dibedakan menjadi tiga kelompok besar yaitu LAN, MAN, dan WAN.

1.LAN atau Local Area Network

Adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan komputer atau disebut juga workstation komputer yang satu dengan komputer yang lain di rumah ataupun perkantoran, dan lain-lain. Jaraknya dibatasi sampai beberapa kilometer dan memiliki kecepatan koneksi antara 2-10 Mbps.

jaringan LAN terbagi atas jaringan client/server dan peer-to-peer. Jaringan ini adalah tipe jaringan yang difungsikan untuk client dan server.
Komputer client selalu meminta pelayanan pada komputer server. Sedangkan komputer server sebaliknya, yaitu melayani komputer client dengan fasilitas seperti file server, print server, web server, dan mail server. Tipe jaringan ini sangat sesuai untuk meningkatkan keamanan data.
Adapun tipe peer-to-peer adalah tipe jaringan yang memperlakukan semua komputer setara. Tidak ada yang melayani dan dilayani, semua komputer bertindak sendiri-sendiri, tetapi tetap saling berhubungan untuk saling berbagi (sharing resources). Teknologi yang dipakai LAN biasanya Ethernet, token Ring, dan FDDI.

2.MAN atau Metropolitan Area Network

Pada prinsipnya sama dengan LAN hanya saja ukuran jaringannya lebih besar, jarak yang ditempuh MAN berkisar antara 10-50 km. MAN sangat cocok diterapkan untuk membangun jaringan  antarkantor yang letaknya berdekatan dalam kota yang sama.

3.WAN atau Wide Area Network

Adalah jaringan yang memiliki jarak yang luas. WAN dapat menghubungkan jaringan antarnegara bahkan antar benua. Komputer, printer, dan alat lainnya pada LAN dapat terhubung secara jarak jauh. Salah satu tujuan pembukaan jaringan WAN adalah untuk penyediaan layanan e-mail, World Wide Web (WWW), dan transfer file. 

teknologi yang biasa digunakan WAN adalah modem, ISDN (Integrated Service Digital Network), DSL (Digital Subcriber Line), dan Frame Relay.

*Semoga ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan apabila ada kesalahan mohon* untuk dikoreksi, dengan senang hati saya akan menerima kritik dan sarannya.

Comments

Posting Komentar